Jumat, 22 Juni 2012

ilmu bisnis dari taklim

di masjid Al ihsan, kompleks jaka permai bekasi barat, sekitar april mei kemarin, ada taklim dhuha, diisi oleh ustadz Valentino Dinsi
taklim ini banyak membahas/membedah buku tulisan beliau sendiri, yaitu Rahasia sukses Abdurrahman bin Auf (seorang sahabat Nabi SAW).

dari yang saya baca di buku tersebut, bisa disimpulkan bahwa faktor utama kesuksesan sahabat nabi tersebut adalah : faktor mental / ruhiyah, sehingga berhasil menundukkan dunia, meletakkan dunia di tangan, bukan di hati.
Tidak mudah silau, tenang dlm mengambil keputusan, tidak mudah larut dlm kesedihan mendalam / hilang semangat hidup ketika gagal / ketika posisi di bawah, contoh ketika setelah hijrah ke madinah dan memulai bisnis lagi dari NOL.

hal ini tercermin dalam banyak contoh dimana beliau bersikap Zuhud terhadap harta dan kedudukan dunia, yang dapat kita baca dalam pemaparan di buku tulisan ustadz Valentino Dinsi tersebut :
  • ...Sampailah 700 kendaraan (unta) yang sarat dengan muatannya memenuhi jalan jalan kota madinah dan menyibukkannya...."..kafilah (rombongan/armada dagang) ini dengan semua muatannya berikut kendaraannya dan perlengkapannya, kupersembahkan di jalan Allah 'azza wa jalla.
  • ...Disuatu hari ia menjual tanah seharga 40 ribu dinar (Rp 60 M sekarang), kemudian uang itu dibagi-bagikannya semua untuk keluarganya dari bani zuhrah, untuk para istri nabi, dan untuk fakir miskin..
  • ..Menjelang wafatnya ia berwasiat 50 ribu dinar untuk jalan Allah, lalu diwasiatkannya pula bagi setiap orang yang dulu ikut dalam perang Badar dan masih hidup (jumlahnya ada 100 orang), masing-masing 400 dinar...
selanjutnya, rincian mengenai item per item rahasia sukses Abdurrahman bin Auf dalam buku tersebut adalah :
  1. belief system
  2. memilih jenis usaha dan faktor KALI
  3. kualitas barang dan pelayanan
  4. super team
  5. kepemimpinan yang terpercaya
  6. sistem bisnis
  7. sedekah
di sini akan saya cuplik sebagiannya saja.



Belief system (sistem keyakinan)

Belief (keyakinan) bisa membuat orang sakit, bisa membuat orang miskin, bisa membuat orang sukses atau gagal...

Suatu saat di Amerika ada seseorang yang terkurung dalam sebuah kamar pendingin penyimpan daging dan sayuran. Ia panik, suhu kamar pendingin itu biasaya 15 derajat di bawah nol. Perlahan-lahan ia lemas dan tak lama kemudian ia mati membeku.
Keesokan harinya seseorang menemukannya dalam kamar tersebut dalam keadaan mati membeku. Menariknya ternyata rumah tersebut telah berbulan-bulan tidak ada listriknya. Mengapa ia mati membeku? Karena otaknya telah memerintahkannya untuk membeku. Keyakinannya akan suhu yang dingin menyebabkannya mati dalam keadaan membeku.


Seorang wanita berkebangsaan inggris pengikut dalai lama yang secara berkala menyeberangi pegunungan himalaya dengan pakaian dan perbekalan seadanya ditemani pembantunya seorang anak berusia belasan tahun. Padahal pendaki gunung profesional tidak akan berani melakukannya tanpa perlengkapan super lengkap.

Dengan hanya menggunakan mantel bulu dan sepatu dari kulit rusa mereka berdua menyeberangi kejamnya gunung Himalaya bersuhu minus dibawah nol.

Ketika rasa dingin merasuki mereka, mereka berdua duduk bersila melakukan meditasi. Mereka membayangkan hawa panas mengalir dalam tubuh, dan segera tubuh mereka menjadi hangat. Keyakinan, belief system mereka telah menyelamatkan mereka dari kejamnya Himalaya.

Keyakinan abdurrahman bin auf :
- yakin terhadap kemampuan / skill nya dalam berdagang
- yakin bhw skill bisnis yang beliau miliki adalah hal yang harus disyukuri, shg tdk pernah ragu menafkahkan harta di jalan Allah sebanyak apapun
- yakin bhw dg berbisnis tetap dapat meraih ketakwaan, dan turut andil dalam membangun kejayaan Islam

kualitas barang dan layanan

Pernahkah Anda membeli mangga di warung pinggir jalan...alangkah kecewanya anda ketika sampai di rumah, ternyata hampir semua mangga tersebut busuk... Apakah anda mau membeli lagi mangga di tempat penjual tersebut? Tentu saja tidak bukan!

Adalah Rasulullah SAW yang terkenal dengan kejujurannya yang melakukan praktek dagang dengan memberitahu kepada konsumennya dimana letak cacat atau kekurangan barang yang dijualnya. Serta memberitahu konsumennya dengan jujur berapa modal barang dagangannya dan terserah kepada konsumen akan memberikan berapa kelebihan harga padanya.

Abdurrahman bin Auf adalah murid langsung dari Rasulullah SAW yang juga mempraktekkan berdagang dengan kejujuran dan ketelitian sebagaimana yang telah dicontohkan oleh gurunya: Muhammad SAW.

system bisnis

.....

Menurut Brad Sugars, bisnis adalah usaha komersial dan menguntungkan yang bisa bekerja tanpa Anda (pemilik).

Lalu bagaimana agar bisnis tersebut bisa berjalan tanpa Anda harus memantaunya setiap saat?

Anda harus memiliki SYSTEM dalam menjalankan bisnis.

.....

Sekarang saya (maksudnya disini: sang penulis buku, valentino dinsi) akan memberikan singkatan dari SYSTEM yang saya pelajari dari seorang guru bisnis saya, Brad Sugars:

SYSTEM = Saving Your Self Time, Energy & Money

.....

Bagian dari system : catatan dan dokumentasi.

Catat dan dokumentasikan apa yg dilakukan setiap karyawan di bagian kerjanya masing-masing. Catatan dan dokumentasi pekerjaan digunakan untuk membuat Deskripsi Pekerjaan yang tertulis dan menetapkan Indikator Keberhasilan Kerja (IKK) para karyawan dalam melakukan setiap pekerjaannya.

Hal ini bertujuan untuk menghasilkan gambaran yang jelas dan tepat, kegiatan apa yang dilakukan oleh para karyawan setiap hari di perusahaan Anda.




nah begitulah, bpk bpk ibu ibu / sdr sdr sekalian, selanjutnya yang lebih bagus kita saling mengisi / sharing aja, diskusikan apa pengalaman masing masing utk menjadi pelajaran bersama
oiya bukunya bisa dibeli di :  http://bisnis2121.com/2008/7-rahasia-kaya-dan-sukses-abdurrahman-bin-auf/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar