Kamis, 21 Juni 2012

harta kekayaan

ada beberapa ajaran agama atau aliran kepercayaan yang mengajarkan bahwa agar manusia mencapai derajad yang tinggi, mulia di sisi Tuhan, harus menjauhi dunia.

bagaimana dengan islam
Menafkahi keluarga (anak,istri) wajib, tapi lebih jauh lagi, kita didorong utk tidak sekedar  mencukupi kebutuhan keluarga,

coba kita buka al-Qur'an, surat no urut 1 adalah al-Fatihah, kita sudah hafal. kita lanjut ke halaman berikutnya... surat no 2 adalah al-Baqarah.

Alif laam miim.
Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa,

siapakah mereka yg bertakwa itu? ada di ayat berikutnya (ayat 3) :
(yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka.



banyak sekali usaha-usaha dakwah, penyebaran dan perjuangan islam yang membutuhkan support : support bagi para dai di daerah terpencil, operasional pesantren-pesantren, dakwah di daerah2 rawan pemurtadan, rumah sakit islam, media-media dan lembaga dakwah, dsb.


bayangkan kalau atas donasi dari kita, ada bbrp orang di daerah rawan yang tidak jadi murtad, kemudian sepanjang hidupnya menjadi muslim  yang senantiasa beribadah,
atau ada santri-santri yg kurang dalam pembiayaan pendidikannya, kemudian atas donasi kita dan donatur-donatur lainnya, dia berhasil menyelesaikan pendidikan, menjadi dai, berhasil mengajak banyak orang utk taat kepada Allah melalui perantaraan dakwahnya,
bayangkan, amal pahala terus mengalir kepada kita, investasi yg menemani di alam kubur dan akhirat.


ok, ya setuju, jadi nanti kalo sudah lapang / banyak duit, kita nanti banyak berinfaq, shadaqah, nyumbang ke sana sini....?
bukan. ternyata bukan demikian yg diajarkan dalam al-Qur'an, jangan nunggu nanti kalau lagi ada banyak rejeki

di surat Ali Imran [3] ayat 134 :
(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.

jadi lapang atau pun sempit. kalau lapang, keluarkan banyak, kalau lagi sempit ya tetap keluarkan semampunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar